Apa Penyebab Stres Pada Anjing Dan Cara Meringankannya

Sama seperti manusia, anjing dapat mengalami stres dari waktu ke waktu. Ada banyak elemen eksternal yang dapat membuat anjing kita stres, namun terkadang pemiliknya dapat menciptakan stres itu tanpa menyadarinya. Tidak ada pemilik hewan peliharaan yang menginginkan anjing yang tidak bahagia. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan dan mempelajari pg soft apa yang menyebabkan stres pada anjing untuk menghindarinya.

Penyebab stres

Ada banyak situasi yang dapat membuat anjing stres. Salah satu yang paling umum terjadi ketika anjing ditinggalkan sendirian untuk waktu yang lama. Anjing adalah makhluk sosial dan mereka membutuhkan teman. Jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian, mereka bisa merasa kesepian. Mereka juga bisa ketakutan.

Perubahan tempat tinggal adalah pemicu stres umum lainnya. Baik Anda pindah ke tempat lain atau sekadar memasukkan anjing ke dalam kandang, tempat baru yang aneh akan membuat anjing merasa sangat tidak nyaman. Perubahan besar lainnya untuk seekor anjing adalah ketika anggota ‘paketnya’ pergi atau yang baru muncul. Seekor anjing mengenali keluarga Anda sebagai kawanannya, jadi kematian anggota keluarga bisa sangat menegangkan bagi seekor anjing.

Situasi lain yang dapat menyebabkan stres pada anjing termasuk bepergian dengan mobil dan suara serta musik yang keras. Pendengaran anjing agak sensitif.

Bagaimana cara menemukannya?

Meskipun terkadang bermanfaat bagi anjing untuk menghadapi situasi stres karena ini akan mengajari mereka cara mengatasi hal-hal baru, tetap yang terbaik adalah menghindari stres. Ada banyak tanda dan gejala yang menunjukkan bahwa seekor anjing sedang stres. Yang terbaik adalah mempelajari cara mengenalinya untuk membantu anjing Anda. Ada banyak tanda-tanda stres yang jelas seperti terengah-engah, telinga terjepit, rengekan dan melolong, kaki berkeringat dan bahkan diare, sembelit, kerontokan dan/atau air liur berlebihan, penurunan nafsu makan dan peningkatan tidur.

Sangat penting untuk mempelajari perilaku anjing Anda yang biasa. Dengan begitu Anda melihat perubahan perilaku mereka dan menghilangkan penyebabnya. Misalnya, Anda tahu bahwa anjing mengatur suhu tubuhnya melalui terengah-engah dan Anda tahu anjing Anda selalu terengah-engah setelah berlari di taman; jika cuaca dingin dan anjing Anda belum berlari tetapi terengah-engah, itu mungkin berarti dia stres karena suatu alasan.

Bagaimana menenangkan anjing Anda?

Ada banyak cara untuk membantu mencegah anjing dari stres. Ketika seekor hewan mengalami stres, pemilik dapat membantu mereka menenangkan diri. Hal pertama yang harus diingat adalah mencoba menghindari situasi stres dan tidak mendorong anjing. Jadi, misalnya, jika anjing Anda tidak suka air, Anda tidak boleh membuangnya ke danau karena ini akan membuat mereka stres. Jika tidak mungkin bagi Anda untuk menghabiskan cukup waktu dengan anjing Anda, Anda disarankan untuk mempekerjakan seseorang yang memiliki pengalaman dalam merawat hewan peliharaan untuk menghabiskan beberapa jam sehari dengan anjing Anda sehingga ia tidak merasa kesepian. Selalu pastikan anjing Anda banyak berolahraga karena aktivitas fisik akan membantunya merasa rileks.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah fakta bahwa anjing dapat merasakan emosi pemiliknya. Ini berarti bahwa mereka dapat dengan mudah memahami apa yang Anda rasakan dan menjadi cemas bersama Anda. Jadi cobalah untuk menenangkan diri Anda dan secara otomatis Anda akan menenangkan anjing Anda juga.

Jika anjing Anda terus-menerus stres dan gejalanya semakin sering, konsultasikan dengan dokter hewan Anda. Adalah tanggung jawab pemilik untuk memastikan hewan peliharaan mereka sehat. Pastikan Anda memberi perhatian agar anjing Anda menjalani kehidupan yang bahagia.

Baca Juga : Pertolongan Awal Digigit Anjing buat Tangkal Peradangan Berbahaya

Diposting dalam: Info